4 Manfaat Kentang Untuk Bayi

Manfaat kentang untuk bayi MPASI Kentang atau nama lain mereka Solanum tuberosum L. Adalah salah satu tanaman pangan terpenting ketiga di dunia setelah beras dan gandum untuk di konsumsi manusia. Kentang tersebut berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan.

International Potato Center (CIP) menyatakan bahwa daerah tersebut merupakan pusat konservasi keanekaragaman hayati kentang. Tanaman kentang dapat ditanam di beberapa negara iklim sedang, tropis, dan sub tropis. Di Indonesia, kentang ditanam oleh petani di daerah dataran tinggi antara 800-1800 m.

Manfaat kentang untuk bayi

Kentang adalah umbi dan di klasifikasikan sebagai tanaman berumur pendek. Pertumbuhannya berlemak dan enredadera dan memiliki batang persegi panjang. Batang dan daun berwarna hijau kemerahan atau ungu.

Umbi pohon kentang dimulai dari cabang samping yang masuk ke tanah, yang berfungsi sebagai tempat menyimpan karbohidrat sehingga bentuknya membengkak. Bola lampu ini dapat menghilangkan wabah dan kemudian membentuk ledakan ca ++ baru.

Ibu, apakah putra Anda termasuk yang kesulitan makan nasi? Terkadang orang tua cemas jika anak-anak mereka tidak mau makan nasi. Sebab, di Indonesia, beras sudah dianggap sebagai salah satu makanan pokok. Tapi jangan khawatir, jika si kecil tidak menginginkan nasi, Anda bisa memberinya kentang. Apa saja manfaat kentang untuk bayi

Manfaat kentang untuk bayi

Kentang adalah sumber karbohidrat yang tersedia dengan harga yang bisa di jangkau. Selain itu, kentang juga mudah diproses dalam berbagai menu MPASI sehingga anak Anda tidak bosan. Berikut manfaat kentang untuk bayi sebagai makanan:

  1. Manfaat kentang untuk bayi baik untuk pencernaan.
    Tahukah Anda bahwa kentang juga memiliki kandungan serat yang tinggi? Serat tinggi baik untuk bayi, sehingga pencernaan tetap lancar dan sehat
  2. Manfaat kentang untuk bayi baik untuk sistem kekebalan tubuh.
    Kentang memiliki antioksidan tinggi, beta-karoten, vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi dan fosfor. Tubuh membutuhkan beberapa jenis vitamin untuk melindungi diri dari kuman penyebab penyakit. Selain vitamin B, itu juga baik untuk perkembangan saraf bayi.
  3. Manfaat kentang untuk bayi sebagai sumber energi yang baik.
    Dibandingkan dengan nasi, kentang adalah sumber karbohidrat yang lebih sehat. Bayi menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi, sehingga bayi tidak lemah dan mendukung aktivitas sehari-hari mereka.
  4. Manfaat kentang untuk bayi menjaga agar tekanan darah stabil.
    Kandungan kalium dalam kentang berfungsi menjaga tekanan darah stabil sehingga dapat mempertahankan metabolisme tubuh dengan baik.

Berikut Nilai Gizi Kentang

Menurut Amerika Syarikat. Dalam Pentadbiran Makanan dan Dadah, terdapat banyak nutrien yang terdapat dalam kentang sederhana, seperti berikut:

  • Vitamin C: 19.7 mg.
  • Vitamin A: 2 IU
  • Folat: 15 dan
  • Kalium: 425 mg
  • Magnesium: 23 mg
  • Fosforus: 57 mg
  • Kalsium: 12 mg
  • Besi: 81 mg
  • Natrium: 6 mg
  • Zink: 30 mg
  • Kalori: 110 kcal
  • Protein: 3 gram

Kapan waktu terbaik untuk memberi bayi kentang?

Diperoleh dan diolah dengan mudah dalam menu yang menggugah selera, tidak sedikit orang membuat menu kentang daripada nasi. Manfaat kentang untuk bayi kentang kaya akan karbohidrat dan energi untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Namun, perlu diingat bahwa kentang tinggi kalori, sehingga bayi kemungkinan akan agak sulit dicerna. Untuk itu, pastikan bahwa Ibu membuatnya dengan tekstur yang benar.

Waktu yang ideal mengenalkan bayi pada makanan ini adalah ketika ia berusia antara 8 bulan dan 10 bulan ketika di nyatakan sistem pencernaan bayi aktif dan lebih siap untuk menerima berbagai makanan padat. Simak juga buah yang bagus bagi bumil Manfaat Buah Plum Untuk Ibu Hamil

Cara mengolah kentang untuk MPASI

Cara yang gampang untuk mengolah kentang adalah dengan mengukus atau merebus. Anda juga bisa menggoreng atau menyajikan kentang panggang seperti MPASI, tetapi banyak yang beranggapan bahwa kedua langkah tersebut dapat merusak nutrisi yang ditemukan dalam kentang. Saat direbus, kentang jangan di kupas untuk menjaga nutrisi. Jangan lupa untuk mencuci kentang di bawah air mengalir sebelum membuatnya untuk MPASI.

Sekarang Anda sudah mengetahui ke 4 Manfaat Kentang Untuk Bayi. Jika Anda ingin menggunakan kentang sebagai makanan bagi bayi Anda sebaiknya ibu konsultasi dulu ke bidan atau dokter khusus untuk memastikan kebenarannya tentang manfaat kentang untuk bayi.

Tinggalkan komentar